Games Pendidikan- Terlalu banyak solusi !- Games pendidikan kita kali ini tentang solusi. Tema games ini tentang banyaknya solusi. Namun Sulit menemukan titik temu permasalahan.Oleh karena itu, harus jeli mepermainakan games pendidikan ini,agar kelas nyaman dan bahagia dalam belajar. ada pun games nya sebagai berikut :
Permainan ini mengamati manfaat brainstorming terhadap sekelompok peserta dalam
mengatasi masalah yang diberikan.
Tujuan
1. Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah.
2. menghasilkan sebanyak mungkin ide dari sekelompok orang dengan menggunakan
tekhnik brainstorming.
3. Memperkenalkan dan menerapkan sinergi.
Waktu yang dibutuhkan
30-60 menit (tergantung tipe masalah yang diberikan).
Jumlah peserta
Tidak dibatasi, tapi perlu dibagi ke dalam subkelompok yang terdiri dari 5-7 peserta.
Materi yang dibutuhkan
Kertas flipchart dan spidol untuk masing-masing subkelompok.
Prosedur
1. Bagi peserta menjadi tim yang terdiri dari 5-7 peserta.
2. Berikan sebuah masalah kepada tim untuk diatasi. Masalah tersebut bisa berupa
masalah yang berhubungan dengan pekerjaan atau masalah imajiner. Misalnya,
bagaimana mendapatkan lebih banyak pelanggan untuk toko kita? Atau bagaimana
caranya menjual es kepada orang Eskimo?
3. Peraturan:
Masing-masing tim harus memilih seorang juru tulis.juru bicara. Juru tulis ini harus
menggali ide sebanyak mungkin dari anggota timnya selama 10-15 menit. Tidak ada
diskusi pendapat selama 10-15 menit tersebut.
Juru tulis diminta untuk mendorong anggota timnya mengeluarkan ide apapun
meski menggelikan atau tidak masuk akal.
Setelah 10-15 menit habis, masing-masing tim harus mengevaluasi setiap ide
yang dihasilkan timnya. Lalu memutuskan tiga ide terbaik. Setelah memperoleh
kesepakatan, masing-masing juru bicara harus mempresentasikan hasil yang
diperoleh timnya kepada seluruh peserta.
Setelah masing-masing tim mempresentasikan idenya, seluruh peserta kemudian
harus memutuskan satu ide terbaik yang telah disebutkan.
Poin diskusi
1. Tim mana yang memiliki ide paling banyak? Mengapa?
2. Apakah setiap orang terkejut dengan jumlah ide yang dihasilkan?
3. Apakah ide aneh dan menggelikan dapat mengarahkan peserta untuk menggali lebih
banyak ide produktif?
4. Siapa yang memiliki masalah dengan konsep tidak ada diskusi pada saat pertama ide
dikeluarkan?
5. Anggota kelompok mana saja yang memberikan semangat kepada anggota lain untuk
mengeluarkan lebih banyak ide?
Variasi
1. Jika peserta memiliki masalah yang sama, dapat digunakan dalam latihan ini.
2. Masing-masing tim dapat diberikan masalah yang berbeda untuk diatasi.
Demikian games pendidikan tentang Terlalu banyak solusi, semoga ini bisa bermanfaat untuk kemajuan pendidikan. Amin..!!
terus psting info2 yg bermanfaatnya gan
BalasHapussenang bisa berkunjung ke blog anda
terimakasih banyak
motivator indonesia fathul , http://motivator-indonesia-fathul.blogspot.co.id/ ,fathul mungin , bagus artikelnya
BalasHapus