Cara Tepat Merawat Printer yang pakai Infus


Cara Tepat Merawat Printer  Infus -  Pada Tips berikutnya saya telah share tentang Cara tepat merawat catridge printer.  Kali ini tentang cara tepat merawat printer yang menggunakan infus. Hal ini cukup sedrhana dan Insya Allah bermanfaat buat teman-teman sekalian.



Inilah langkah-langkah atau cara tepat merawat Printer yang menggukan infus sebagai berikut ;

1.       Letakkan Tabung Infus dalam posisi rata dengan head printer Kamu
Hal ini dialkukakan agar saat tekanan dalam menyedot tinta dari head printer akan terrjaga keseimbangannya. Sebab terkadang dengan posisi tidak rata akan memnuat gelembung kosong di dalam selang tinta. Kalau pun telah ada celah kosong  dalam tinta langsung dilakukan “Cleaning” agar celah tersebut langsung terisi dan tinta akan berjalan normal. Namun, Jika Saat cleaning tetap saja tidak terisi maka silahkan anda periksa pada selang  jika ada kebotocoran atau hal lainnya yang menyumbat. Pososi tabung infus yang lenih tinggi akan mengakibatkan pula tinta akan memenuhi catridge. Sehingga tinta akan tumpah dan membanjiri printer. Maka direkomendasikan kalau ingin memperbaiki selang tinta, jangan sekali-kali mengangkat head printer terlalu tinggi.

2.       Lakukan print nozzle check apabila  hasil cetakannya kurang memuaskan
Lakukan pengecekan pada tinta, apakah tinta keluar semua atau sedikit-sedikit. Selanjutnya  lakukakan “Cleaning” dua atau tiga kali. Namun, jika tetap hasilnya kurang baik. Maka, cara mengatasinya yaitu :
- Ikatlah Selang tinta agar tidak merember kemana-mana.
- lepaskan selang dan elbownya dari cartridge printer.
- Bersikan head dengan tissue sampai tintanaya muncul pada tissue tersebut.
- Jika tinta tetap saja tidak keluar, maka ambil suntikan tinta yang kosong, gunkan untuk mendorong   
   tinta dengan  angin dari suntik tinta.
-  Jika Tinta keluar dan lancer, tetapi saat proses print tinta tidak keluar. Maka kemungkinan pemompa tinta dala  catridge and rusak. Harus diganti baru. Karena itu tidak bisa sam sekali.  Hal itu disebabkan oleh  posisi cartridge yang dikunci mati oleh  head printer.
- Bila anda telah selesai melakukan servis infus anda, pasang kembali selangnya dengan benar, jangan sampai selangnya tersangkut ketika printer akan digunakan.

3.       Bagi anda yang pertama kali menggunakan infus, nanti akan kaget ada pemberitahuan error print. Hal ini biasa. Hal itu akan membuat anda tidak bisa mencetak.  Hal ini adalah normal,  karena setiap catridge pasti memilki batas waktu pakai. Solusinya adalah tekan dan tahan tombol resume pada printer anda selama 5 detik. Maka printer akan kembali dapat mencetak seperti biasa. Maksud dari menekan tombol resume, adalah mengabaikan pesan error tinta habis.

3. Jangan kaget jika anda pesan eror atau pesan  tinta kosong adi kosong setelah mencetak banyak, padahal tinta infus anda masih banyak. Hal ini disebabkan oleh  sistem monitoring tinta. Karena itu didasarkan pada cartridge berbasiskan counter kertas yang diprint.  Jadi biarkan saja pesan tinta anda kosong, toh anda masih tetap bisa mencetak.

4.  Jangan sering melakukan cleaning, ini akan mengakibakan penuhnya penampungan tinta. Karena itu akan ada pemberitahuan  dengan ditandai adanya error Absorber Full. Bila absorber printer anda full, itu harus diganti dengan yang baru atau mengeringkan tinta buangan secara manual, dengan cara membongkar printer anda. Absorber tinta didalam printer berbentuk spons berbentuk balok panjang dan terhubung oleh selang pembuangan tinta printer. Bila anda sudah menservis absorber printer anda, printer juga masih tetap akan menampilkan pesan error tersebut. Solusinya adalah dengan mereset counter absorber printer anda. Untuk tipe Canon IP1980, IP1880, IP1700, IP1300, IP1200, cara mereset
absorbernya sbb:

- Matikan dahulu printer anda (Power Off)
- Cabut kabel powernya
- Tekan dan tahan tombol powernya
- Sambil menahan tombol powernya, pasang kabel powernya kembali.
- Sambil menahan tombol powernya, tekan tombol resume 2x
- Lepaskan tombol powernya
- Hidupkan printer
- Maka settingan absorber printer anda akan kembali 0

Demikian tips Cara tepat Merawat catridge yang menggunakan infus. Semoga bermanfaat. Wasslam..!!

0 Response to "Cara Tepat Merawat Printer yang pakai Infus"

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan komentar anda, jika ada kesalahan pada artikel yang saya posting, atau ada link mati, gambar hilang, dan jika ada saran untuk kemajuan blog ini, silahkan tulis komentar dibawah ini.... Komentar kalian sangat berarti bagi saya...

Format untuk komentar:
1. Pilih profil sebagai Name/URL
2. Isikan nama anda
3. Isikan URL (Blog/Website/Facebook/Twitter/Email/Kosongin)
4. Isikan komentar
5. Poskan komentar