Apa itu paraphrase ?


Apa itu paraphrase ?
Materi Paraphrase ini cukung penting untuk pelajar mahasiswa atau siapa saja yang bergelut dalam menulis. Olehnya itu, dianggap perlu memahami sedikitnya tentang etika memparaphrase suatu ide seseorang.
Nah, sebenarnya apa sih paraphrase itu?
gamabar Palagiator
Gambar tentang Palgiarsm

Paraphrase itu adalah mengangkat satu ide seseorang dengan gaya bahasa anda sendiri. Paraphrase ini dilakukan seorang penulis agar terhindar dengan apa namanya plagiarism. Banyak kasus yang terjadi dalam berbagai tulisan yang kesemua tulisan itu diambil dari karya orang lain, tetapi diklaim sebagai karya sendiri. Meskipun anda telah mengubah bahasanya dengan gaya bahasa anda sendiri pun, namun tidak menyebutkan si pemilik ide dari tulisan itu, anda juga termasuk pencuri ide atau plagiat. Sebab kalimat atau kata bisa di rubah,namun ide akan tetap milik si penulis sebelumnya.

Dalam memparaphrase kita sangat dianjurkan untuk bisa memahami langkah-langkah effective untuk bisa menghindari plagiarism antara lain :


Effective paraphrase
  1. Berhati-hatilah anda dalam membaca artikel dan pahamilah tema sentral yang mennjadi pusat pembicaraan
  2. Tulislah point-point penting yang menurut anda itu bisa menambah informasi yang anda ingin dapatkan
  3. Berusahalah menggunakan dengan gaya bahasa anda sendiri baik frase atau ekspresi tetapi masih tetap relevan dengan tema sentral dari tulisan asli.
  4. Jika anda ingin menggunkan gaya bahasa asli si author, maka silahkan untuk bisa mengakui itu dalam tulisan kamu  dengan mengutip.
  5. Tulislah siapa pemilik ide, sumber asli, dan taggal yang tertera dalam teks.

What is the bad paraphrase?

-          Paraphrase yang buruk ialah paraphrase yang tidak mengubah sama sekali sturktur kalimatnya dengan hanya merubah kata-kata tertentu dengan dengan sinonim dari kalimat itu. Sehingga, terlihat sedikit berbeda sedikit dari struktur asli kalimat. Namun, pada hakikatnya itu juga termasuk palgiat. Sebab yang ingin anda ambil dari ide seseorang sebenarnya bukan tulisannya diambil sekaligus. Tetapi ide dari tulisan itulah yang kemudian anda bahasakan dengan gaya bahasa anda sendiri.

Maaf yaa...!!!  tulisan ini cukup sederhana untuk bisa menjelaskan apa itu paraphrase. akan tetapi penjelasan tentang bagaiamana cara memparaphrase, etika mengutip, cara menghindari palagiarsm, saya akan menulisnya di halaman berikutnya yaa..!!  jangan Lupa saran Mau pu koemntar lain di tinggalkan di kota komentar..!! Salam persahabatan Blogger Gorontalo

Incoming Search :
Cara mengutip 
Trik Memparaphrase artikel
cara Menulis Jurnal
Cara Mengutip
Etika Mengutip

1 Response to "Apa itu paraphrase ?"

  1. itu sudah lebih dari cukup gan. berkat penjelasan diatas saya jadi lebih mengerti. trimaksih buat artikelnya.

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan komentar anda, jika ada kesalahan pada artikel yang saya posting, atau ada link mati, gambar hilang, dan jika ada saran untuk kemajuan blog ini, silahkan tulis komentar dibawah ini.... Komentar kalian sangat berarti bagi saya...

Format untuk komentar:
1. Pilih profil sebagai Name/URL
2. Isikan nama anda
3. Isikan URL (Blog/Website/Facebook/Twitter/Email/Kosongin)
4. Isikan komentar
5. Poskan komentar