CARA MENGUTIP ARTIKEL FORMAT APA ( AMERICAN PSYCHOLOGICAL ASSOCIATION )


Cara Mengutip Artikel Format APA ( American Psychological Association ) - Cara Mengutip  Format APA  jelasnya adalah sebuah aturan yang jelas tentang bagamana mengutip sebuah tulisan  yang ada pada  jurnal akademik atau lainnya pada waktu-waktu tertentu. Refensi artikkel akan berubah kapan saja berdasarkan diamana artikel itu ditulis dan siapa penulisnya. Ketika kamu akan menggunakan banyak artikel dalam refensi tulisanmu, mungkin bisa kamu temukan di jurnal akademik dan jurnal prosesional. Kamu juga bisa menemukannya di berbagai media seperti Koran,majalah, media online.
Menulis

Dalam hal referensi  terkadang  kita kesulitan mencari siapa penulis artikel dan itu berimbas kita kehilangan point tertentu untuk menuliskannya dalam format APA.  Sehingga sanagt disarankan kamu mengecek  sebuah tulisan sebelum kamu akan mengambilnya dalam refensi tulisanmu.  
Struktur dasar format  APA.

Kita mulai dari  nama belakang  penulis dan inisial pertama, kemudian diikuti dengan tanggal dipublikasikan  artikel tersebut  di dalam kurung. Tulislah judu artikelnya . Selanjutnya, daftar jurnal  atau berkala dan nomor volume dalam keadaan  miring. Terakhir, berikan nomor halaman di mana artikel  bisa  ditemukan. Agar pembaca artikel bisa menelusuri lebih jauh dari informasi yang kita berikan. 


Informasi yang harus kita dapatkan dalam mengutip : 
Contoh : 
Nama penulis : Idrus Dama
Judul Jurnal : APA Format (ditulis Miring)
Tahun publikasi : 2012
Berapa halaman : 40 Halaman Misalnya (ditulis Miring)
Halaman Artikel yang dikutip : Halaman 23 -30

Nah, Sekarang kita tulis data diatas dalam format APA :

Dama, Idrus. (2012). Cara Mengutip Artikel Format American Psychological Association. APA Format, 40, 23-30.


Cara mengutip sebuah artikel surat kabar tetap mengikuti bentuk standar, tetapi tetapi dalam surat kabar menggunakan inisial seperti  P atau PP yang berari halalaman. 

Contoh:
Dama, Idrus. (2004, 5 Januari). Bagaimana mengutip artikel surat kabar. The New York Times, PP. 4D, 5D.

Ketika sebuah artikel terdapat tujuh atau lebih sedikit penulisnya , Maka Kamua perlu menyertakan nama terakhir dan inisial pertama dari masing-masing penulis  tersebut ke dalam referensi kamu. Kita lontoh di bawah ini untuk mempermudah memahami.

Sebagai  contoh:
Dama , I., Ance, S., Bado, R., Ahmad, A, Adam, S., Kalimbo, P.,. . . Lightlen, P. S. (2012). Bagaimana referensi artikel dengan lebih dari tujuh penulis. APA Format, 17, 35-36.

Jika artikel tidak mengutip satu pun penulis, maka mulailah  dengan memberikan judul artikel, diikuti dengan tanggal publikasi, sumber, dan URL  yang merujuk pada artikel tersebut. Ini biasanya kebanyakn mahasiswa belum tahu cara mengutip sumber dari media online. Nah format APA sebagai berikut.

Contoh:
Mahasiswa goblok belajar menulis (2012, March, 6). Habari Hulondhalo News. Diperoleh dari http://www.gorontalo-education.blogspot.com/Mahasiswa goblok.html

Teman-teman, mungkin hanya itu sedikit ulasan singkat tentang Cara Mengutip Artikel Format APA ( American Psychological Association ). Inspirasi menulis tentang APA Format karena tugas kuliahku. Di lain sisi, aku menulis sambil membaca dan memahami. Maaf yaa jika ada kekurangan.  Mohon masukannya untuk blog ini . Semoga bermanfaat…!!  Mata Pena Gorontalo Wassalam..!! 




0 Response to "CARA MENGUTIP ARTIKEL FORMAT APA ( AMERICAN PSYCHOLOGICAL ASSOCIATION )"

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan komentar anda, jika ada kesalahan pada artikel yang saya posting, atau ada link mati, gambar hilang, dan jika ada saran untuk kemajuan blog ini, silahkan tulis komentar dibawah ini.... Komentar kalian sangat berarti bagi saya...

Format untuk komentar:
1. Pilih profil sebagai Name/URL
2. Isikan nama anda
3. Isikan URL (Blog/Website/Facebook/Twitter/Email/Kosongin)
4. Isikan komentar
5. Poskan komentar