Strategi Manajemen Aksi Mahasiswa | Sebagai Mahasiswa Intelektual tentu Aksi adalah salah satu jalan untuk memperjuangkan Keadilan sosial. Namun, banyak sekali diantara kita sebagai Mahasiswa salah dalam mengambil strategi Manajemen Aksi. Sehingga yang terjadi adalah kerusakan dimana-dimana. Ini semua diakibatkan Manajemen aksi yang tidak matang. Oleh sebab itu, sebelum melakukan aksi ada hal-hal yang harus dipersiapakan. Persiapan Aksi berupa Waktu , Alur Aksi ,perlengkapan Aksi, Kajian Isu, Tujuan dan lain sebagainya. berikut sedikit materi tentang Manajemen aksi Mahasiswa.
KENAPA MAHASISWA ?
Sejarah telah menyaksikan berbagai peristiwa besar di dunia yang tidak lepas dari aktor intelektual di belakangnya. Kaum intelektual yang diwakili masyarakat kampus termasuk juga mahasiswa sering menjadi penggagas utama dalam setiap perubahan.
(Deddy Yanwar Elfani)
GERAKAN POLITIK NILAI
Kepentingan pertama dan terutama yang diperjuangkannya oleh Mahasiswa adalah nilai-nilai (values) atau sistem nilai (values system) yang sifatnya universal seperti keadilan sosial, kebebasan, kemanusiaan, demokrasi dan solidaritas kepada rakyat yang tertindas.
Karena itu oposisi adhoc gerakan mahasiswa di Indonesia merupakan gerakan politik nilai (values political movement) dan bukan gerakan politik kekuasaan (power political movement) yang merupakan fungsi dasar partai politik.
MOMENTUM GERAKAN MAHASISWA
Era Reformasi
- Mei 1998 (pendudukan DPR/MPR dan penggulingan Soeharto),
- November 1998 (Semanggi I, penolakan terhadap SI MPR),
- September 1999 (Semanggi II, Penolakan terhadap UU Penanggulangan Keadaan Bahaya),
Pasca Reformasi
- Oktober 1999 (Penolakan terhadap Habibie dan Wiranto)
- Januari 2001 (tuntutan terhadap penurunan Abdurrahman Wahid serta pembubaran dan pengadilan Partai Golkar)
LATAR BELAKANG DAN TUJUAN AKSI
- Kegelisahan Masyarakat
- Aspirasi yang tidak tercapai
- Pemerintahan yang Lembam
- Krisis Demokrasi
- Isu Bersama
- Musuh Bersama
KAJIAN DAN DIALEKTIKA AKSI
- Gagasan Orisinil
- Dukungan Fakta dan Data
- Rangkaian Diskusi
- Mewakili Aspirasi Masyarakat (Politik Nilai)
- Dikemas dengan Bahasa yang Menarik
PERANGKAT AKSI
- Koordinator Lapangan
- Orator
- Negosiator
- Humas
- Border / Keamanan
- Dokumentasi
- Medik
- Tim Kreatif
- Mata-mata/kontra-intel
STRATEGI PENDUKUNG
- Kalimat Poster/Baliho/Spanduk
- Seragam / Identitas
- Propaganda Masyarakat
- Pers Release yang “sexy”
- Yel / Lagu / Dinamisasi
- Simbolisasi / Teatrikal
- Aliansi Taktis dengan organisasi lain
- Beri Senyuman ke Wartawan
Teman-teman, itu saja perilahal Manajemen aksi Mahasiswa. Semoga teman-teman berniat karena kebenaran untuk melakukan aksi dan bukan ada tendensi politik dan lainnya yang kemudian menyebabkan mahasiswa menggadaikan idealismenya. Salam Pergerakan wahai Saudara se Indonesia...!!
0 Response to "Manajemen Aksi yang Tepat"
Posting Komentar
Silahkan Tinggalkan komentar anda, jika ada kesalahan pada artikel yang saya posting, atau ada link mati, gambar hilang, dan jika ada saran untuk kemajuan blog ini, silahkan tulis komentar dibawah ini.... Komentar kalian sangat berarti bagi saya...
Format untuk komentar:
1. Pilih profil sebagai Name/URL
2. Isikan nama anda
3. Isikan URL (Blog/Website/Facebook/Twitter/Email/Kosongin)
4. Isikan komentar
5. Poskan komentar