Cara Tepat Mengutip Format atau MLA Style ( Modern Language Association)


Cara Tepat Mengutip gaya MLA ( Modern Language Association) - Cara Mengutip ini sangat kita butuhkan,  agar kelak kita tidak memperoleh predikat sebagai plagiator. Bukan hal yang mnyenangkan ketika karya anda dicuri dan dideklarasikan sebagai karya terbaik. Sebelumnya saya sudah share tentang cara mengutip gaya APA ( American Language Association ). Sebenarnya kedua-duanya kita bisa gunakan. toh, tujuannya juga hanya satu, Pernyataan  hasil karya orang lain. Iya Kan? nah, mengetahui etika atau cara tepat kita mengutip dengan gaya MLA ini, mari kita bahasa secara sederhana tentang MLA  citation Style. 




Modern Language Association adlah sebuah aturan dalam mengutip sebuah tulisan yang terdapat pada catatan kaki atau catatan akhir dari tulisan. mengutip dega cara ini cukup singkat dan mudah. Kita hanya meletakan nama Akhir dari penulis dan kemudian di susul oleh nomor halaman dari tulisan tersebut. 

Contoh : 

Gibaldi, Joseph. MLA handbook for writers of research papers. 7th ed. New York : Modern Language Association of America, 2009.

Nah, bagaimana kita mengutip dalam kondisi tertentu sebagai berikut :


1  Mengutip sebuah karya dari seseorang

  • Untuk pertama menyebutkan seorang penulis dalam tulisan anda, gunakan nama lengkap.
  • Setelah menyebutkan pertama,  Setelah itu, mencantumkan nama belakang penulis sebelum nomor halaman antara tanda kurung.
  • Sertakan semua nama terakhir jika pekerjaan ini ditulis oleh dua atau tiga penulis
 Examples: 
Knowles, Ric. Reading the Material Theatre. Cambridge: Cambridge UP, 2004. Print.
Chopra-Grant, Mike. Cinema and History: The Telling of Stories. New York: Wallflower, 2008. Print.

Chapters of authored books ( Hanya mengutip bagian tertentu dari isi buku)
 Example:
Corrigan, Timothy. "Writing About the Movies." A Short Guide to Writing About Film. New York: Longman, 2003. 1-16. Print.


2 Mengutip sebuah karya  dengan penulis lebih dari satu


  • Jika perusahaan, lembaga pemerintah atau organisasi  adalah pemlik tulisan itu, Maka itu, akan dikutip sebagai karya perseorangan.
  • Jika dalam tulisanitu,  tidak ada peryataan dari penulis yang bisa dikutip. Maka kutipan akan mengacu kepada buku secara garis besar. (Artikel /Judul )
Cotoh : According to the MLA Style Manual, if there is no stated author for a work, you use the full title for the first mention in your text. If you have referred to the title previously, simply use the first word between parentheses (MLA)

3.  Mengutip karya Seseorang yang tidak terdapat halamannya.


  • Kita Akan merujuk ke artikel secara umum dan menggukanan nama penulis sendiri, tanpa nomor halaman.
  • Untuk sebuah tulisan yang hanya satu halaman saja, gunakan nama penulis sendiri, tanpa nomor halaman.
  • Jika Mengutip  dari  internet dan sumber elektronik tanpa nomor halaman, gunakan nama penulis atau judul saja, tanpa nomor halaman

 Contoh :  (Raimes) 

Dari  informasi yang dikumpulkan, Ini ada beberapa gaya mengutip MLA  Style yang secara detail  mungkin bisa menambah khsanah pemahaman kita tentang hal ikhwal mengutip. 


Daftar Artikel yang akan dikutip :

Book
Reference book
Article
Internet Source
IN-Text Citations

Individual authors
No individual author
Page numbers is not available
Special types of sources

 BOOK CITED


  •  Satu Orang Penulis

Ex: Raimes, Ann. Pocket Keys of Writers. 2nd ed. Boston, MA: Houghton Mifflin Co., 2006.

  •   Dua atau lebih penulis

 Ex: Spiekermann, Erik, and E.M. Ginger. Stop Stealing Sheep & find out how type works. Berkely, CA: Adobe Press, 2003.

  •  Lebih dari 3 penulis :


Ex: Bonin, Claude-Andre, et al. Lexicon of information and documentation. 3rd ed. La Pocatiere, QC: Documentor Inc., 1986.

  •  Tanpa nama penulis :


Ex: The Chicago Manual of Style. 15th ed. Chicago: U of Chicago Press, 2003.

  •  Karya Hasil editan dari Editor


Ex: Katz, William, ed. Community College Reference Services, A working Guide for and by Librarians. Metuchan, NJ: Scarecrow Press, 1992.


karya dari Organisasi atau Instansi :

Contoh :  American Council on Education. The college and the student: an assessment of relationships and responsibilities in undergraduate education by administrators, faculty members, and public officials. Ed. Lawrence E. Dennis & Joseph F. Kauffman. Washington: American Council on Education, 1966.

  •  Pemerintahan :


Contoh : Canada. Indian Affairs and Northern Development. Little Salmon/Carmacks First Nation final agreement between the Government of Canada, the Little Salmon/Carmacks First Nation and the Government of the Yukon. Ottawa: Indian Affairs and Northern Development, 1998.


2. Mengutip dari beberapa Sumber Tulisan :

Contoh : If the entry is “education”...
“Education.” The New Encyclopaedia Britannica. 15th ed. Chicago : Encyclopaedia Britannica, c2003.

  •  Mengutip Artikel


Contoh : Rogerson, Christian M. “Pro-Poor local economic development in South Africa: The role of pro-poor tourism.” Local Environment February 2006: 37-60.

3. Mengutip dari Internet 

·  Author: Last name, First name and names of more than on author begin with first name
·  Document title: “Title of Online Article”
·  Name of site: Name of Web Site or Database
·  Date of update: Day Month Year
·  Name of sponsor: If available
·  Date of access: Day Month (abbrev.) Year
·  URL: <http://www.complete_address_without_mistake.html>

Contoh : Modern Language Association. “What Is MLA Style?” mla.org. 9 September 2003. MLA 3 Feb. 2006 <http://www.mla.org/style>.


Contoh daftar Kutipan : 
MLA works cited list example image

Teman-teman, Mungkin hanya ini yang bisa dishare,  Tentang cara mengutip MLA Style jikalau ada kekurangan mungkin bisa dilengkapi dari komentar teman-teman. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Sumber : http://www.lib.monash.edu.au/tutorials/citing/mla.html
                 http://web2.slc.qc.ca/library/cite_document.htm

2 Responses to "Cara Tepat Mengutip Format atau MLA Style ( Modern Language Association)"

  1. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) mengumumkan secara resmi rencana seleksi guru PPPK - PNS tahun 2022
    menyatakan, guru honorer yang SDH mengabdi lama bisa menjadi Aparatur Sipil Negara ( ASN) lewat skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak PPPK Dan PNS

    "Kemendikbud akan menyediakan materi pembelajaran secara daring untuk membantu tenaga HONORER mempersiapkan diri sebelum ujian seleksi penerimaan pegawai kontrak PPPK sampai PNS

    Dan khusus untuk teman2 Honorer yang sudah mengabdi lama yang ingin masuk prioritas pengangkatan langsung lulus Tes PPPK Dan CPNS - PNS bisa m'hubungi staf direktur aparatur sipil negara bapak hj Gunawan dafit semoga beliau bisa bantu,

    Dan Alhamdulillah sekali lagi terima kasih kepada staf direktur aparatur sipil negara
    BPK Drs hj Gunawan dafit semoga bapak sehat selalu dan diberi umur panjang semoga kredibel kinerja bpk selalu meningkat dari tahun" kemarin, bagi teman teman yang ada masalah di bidan guru dan kepegawaian pemerintahan silahkan hub BPK dafit no hp beliau ☎️ 081249264549 semoga beliau bisa bantu dari segala masalah anda seperti yang saya alami kemarin, semoga petunjuk dari saya ini bisa jadi motivasi anda dan bisa jadi amal ibadah saya sekeluarga amin. Terima kasih



    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan komentar anda, jika ada kesalahan pada artikel yang saya posting, atau ada link mati, gambar hilang, dan jika ada saran untuk kemajuan blog ini, silahkan tulis komentar dibawah ini.... Komentar kalian sangat berarti bagi saya...

Format untuk komentar:
1. Pilih profil sebagai Name/URL
2. Isikan nama anda
3. Isikan URL (Blog/Website/Facebook/Twitter/Email/Kosongin)
4. Isikan komentar
5. Poskan komentar