8 Langkah Belajar Bahasa Inggris ( Englishjava.com )

Belajar bahasa Inggris ( englishjava.com ) - Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling umum yang digunakan dalam dunia bisnis internasional.Nah kita  yang bukan penutur asli bahasa Inggris harus mencelupkan diri kita dalam lingkungan berbahasa Inggris jika kita ingin berbicara bahasa Inggris dengan baik dan sukses


1. Belajar bahasa Inggris kita harus mulai dengan belajar dasar cara membaca dan mendengarkan dalam bahasa Inggris.  

2. Kita seharusnya menghabiskan setidaknya satu jam setiap hari mendengarkan berita atau diskusi program seperti NPR (National Public Radio) berita atau BBC (British Broadcasting Corporation; World Service atau Radio Four adalah yang terbaik) . Memang, pada awalnya kita mengalami keslulitan dengan apa yang mereka katakan.Tetapi lambat laun, secara bertahap kita akan terbiasa dengan kecepatan dan nada bicara para native speaker itu. Setelah itu, kita pun berusaha memhami secara umum apa ide singkat tentang topik yang mereka bahas, meskipun tidak harus se detail mungkin. Minimal kita pahami apa maksud inti yang dibahas. 

3.  Cobalah kita sisihkan waktu untuk membaca berita bahasa Inggris atau artikel tiga jam setiap hari. Hal ini cukup penting dalam belajar bahasa Inggris. Sebab dengan itu, kita akan lebih mudah membangun kosakata , idiom, frasa, dan struktur kalimat bahasa Inggris. Jika kita rajin membaca, hal itu akan menghemat banyak waktu kita dan kita tidak perlu lagi  menghabiskan banyak waktu untuk membangun kosa kata dengan aturan tata bahasa yang susah itu. Nah, usahakan bacakan keras ketika ketika membaca berita atau artikel itu dengan suara nyaring. Tujuannya adalah selain kita belajar memhami lewat mebaca, artikel yang kita baca juga melatih kita untuk pronunciation.

4.  Pelajarilah  alfabet fonetik (pengucapan simbol). hal Ini akan membantu kita untuk  cara pengucapan dengan benar. Banyak diantara kita yang belajar bahasa Inggris yang tidak memperhatikan cara pengucapan. Sehingga banyak melakukan kesalahan saat mempraktekkannya. Jadi, sedikit demi sedikit pelajar pronounciation. 

5.  Membuat beberapa sahabat pena dan menulislah bersama mereka setidaknya sekali dalam sehari. Cara ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan menulis kita. Semakin banyak kita menulis, maka semakin tahu bagaimana menggunakan apa yang telah kita pelajari dari membaca dan mendengarkan.

6.  Cari dan bersahabatlah dengan penutur asli bahasa Inggris (Native-English Speaker). Memang ini adalah hal sulit. Tapi tidak ada jalan lain kecuali kita harus membangun komunikasi dengan penutur  asli bahasa Inggris itu. Kita harus tahu  hal-hal sederhana dan kita juga harus memiliki keterampilan mendengarkan yang baik jika kita ingin memiliki percakapan yang baik pula dengan penutur asli misalnya Amerika atau Briton. Dalam setiap percakapan, berikanlah pertanyaan yang lebih dari sekedar informasi dasar. Misalnya, jika seseorang meminta kita "Apakah Anda ingin tinggal di sini?" lantas kita hanya menjawab "Ya" atau "Tidak," tapi usahakan memberikan informasi lebih dari apa yang dia tanyakan, misalnya why and how.

7. Menontonlah siaran  TV yang berbahasa Inggris. Ingat TV adalah  paling murah guru untuk belajar bahasa Inggris yang nyata. Daripada kita belajar di tempat kursus yang bemum tentu lebih baik dari penutur asli. Dengan menonton ini, kita tidak hanya dapat belajar bahasa Inggris formal, tetapi  kita  juga bisa belajar bahasa Inggris sehari-hari dari sinetron dan komedi . Tetapi, hati-hati juga dalam memaknai, kita harus selektif memahami memahami kata-kati istilah (Idiom). Sebab dalam program tv itu terlalu banyak jargon atau terlalu banyak idiom yang membuat kita bingung.

8. Cobalah memulai mencintai lagu-lagu bahasa Inggris. Kalau di handphone kita masih ada lagu yang bersifat lokal atau dari negara kita, coblah berliah untuk sementara mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Hal ini akan efektif dalam memperkuat kemampual listening kita. semakin kita mencoba mendengarkan. Maka banyak kosa kata yang akan kita pahami cara pengucapannya.
  
9. Berusalah untuk memiliki kamus ( Pocket dictionary). Karena bisa jadi di perjalan atau sedang di situasi tertentu, kita ingin tahu bahasa Inggris dari benda atau lainnya. nah, kalau kita punya kamus saku, kita bisa cepat membukanya. Nah, lebih canggih lagi, kamus elektronik yang ada di handphone. Coba manfaatkan fasilitas itu dengan sebaik mungkin.

10. Gunakanlah kata-kata atau idiom yang kita pelajari sebelumnya. Gunakan itu dalam percakapan, maka saya yakin apa yang suka kita pakai itu tidak akan terlupakan. Ingat ! The more your practice, it will be better..!!

Sahabat Englishjva.com , demikian langkah belajar Bahasa Inggris yang bisa saya berikan. Semoga hal ini bisa membantu teman-teman yang mau belajar. Salam sukses @Englishjava.com

0 Response to "8 Langkah Belajar Bahasa Inggris ( Englishjava.com )"

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan komentar anda, jika ada kesalahan pada artikel yang saya posting, atau ada link mati, gambar hilang, dan jika ada saran untuk kemajuan blog ini, silahkan tulis komentar dibawah ini.... Komentar kalian sangat berarti bagi saya...

Format untuk komentar:
1. Pilih profil sebagai Name/URL
2. Isikan nama anda
3. Isikan URL (Blog/Website/Facebook/Twitter/Email/Kosongin)
4. Isikan komentar
5. Poskan komentar