10 Cara Romantis Berkomunikasi dengan Pasangan

Hampir setiap pasangan mengeluh terkait masalah komunikasi. Sebagian besar wanita mengeluhkan tentang suami mereka yang tidak mau berbagi perasaannya, dia tertutup, atau dia tidak tahu mengungkapkan keinginannya dengan cara-cara yang bisa menyenangkan istrinya.

Kurangnya komunikasi atau komunikasi yang salah kadang bisa menjadi bumerang dalam suatu pernikahan. Jika pria tidak tahu bagaimana mengungkapkan keinginan mereka dengan benar, tidak tahu bagaimana cara menjadi pendengar yang baik, atau tidak tahu bagaimana menyelesaikan konflik dalam rumah tangga mereka, maka mereka akan menghadapi masalah yang berlarut-larut dalam kehidupan pernikahan mereka, bahkan berujung kepada perceraian. Bukankah banyak pasangan yang bercerai karena alasan komunikasi.

Berikut adalah beberapa tips untuk menciptakan komunikasi yang efektif dengan pasangan Anda.

1. Mulailah dengan kata “saya” dalam percakapan Anda dan jangan memulai kalimat dengan ‘kamu”. Katakanlah: “Saya merasa diabaikan ketika kamu tidak menyiapkan makan malam” daripada mengatakan, “Kamu tidak pernah menyiapkan makan malam untukku.”

2. Berusahalah untuk merendahkan suara Anda jika marah, dan berusaha menahan diri dari menyebut panggilan yang buruk.

3. Berusahalah untuk memahami terlebih dahulu sebelum dipahami. Sulit, tapi sangat efektif!

4. Bagilah pemikiran dan perasaan dengan pasangan Anda untuk membuatnya merasa bahwa dia merupakan bagian penting dari dunia Anda.

5. Jangan memberikan satu kata jawaban. Cobalah untuk menguraikan jawaban dan penuhi keingintahuannya. Perempuan memang suka banyak bertanya, dan itu menunjukkan bahwa dia peduli terhadap Anda.

6. Dengarkan dengan penuh perhatian. Saat istri Anda bicara serius, tentu hal yang menyinggung baginya jika Anda mendengarkannya sambil Ada sibuk dengan handphone Anda, atau tayangan TV. Jika istri Anda bicara dengan serius, lihatlah matanya, dengarkan, dan sadari keberadaannya. Wanita senang dipandang!

7. Berikan istri Anda pujian atas segala sesuatu yang Anda sukai darinya. Istri Anda membutuhkan kepastian dari Anda tentang kecantikannya, tentang cinta Anda untuknya, tentang masakannya, dan lain-lain.

8. Pahami perasaannya. Cobalah mengatakan hal-hal yang membuatnya merasa dimengerti. Katakan padanya bahwa Anda memahami mengapa dia bersedih, bahwa dia berhak untuk merasa terluka atau terabaikan. Akan berkibat fatal jika Anda mengatakan kepada istri Anda bahwa dia salah telah memiliki perasaan demikian.

9. Jika Anda memerlukan sesuatu, katakan kepadanya dengan kelembutan dan kebaikan tanpa kesan kasar atau menuntut. Jika seorang wanita merasa bahwa dia seperti diperintah untuk melakukan apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya, dia akan menolak. Jika Anda memintanya dengan ramah dan membuatnya merasa istimewa, istri Anda akan dengan segera melakukannya untuk Anda.

10. Jangan pernah membandingkan dirinya kepada siapa pun untuk membuatnya berubah. Sikap Anda yang membandingkan pasangan Anda dengan orang lain akan berakibat buruk terhadap hubungan pernikahan, menimbulkan permusuhan dan menimbulkan perasaan tidak mampu dari Istri Anda. Jika Anda ingin dia untuk memperbaiki beberapa hal dari kebiasannya yang buruk atau apapun, berikan pujian terhadap apa yang sudah dia lakukan dengan benar. Dengan pujian Anda tersebut, maka dia akan berusaha untuk melakukannya yang lebih baik lagi dan berusaha untuk merubah kekeliruannya dan tabiatnya yang kurang baik.

Demikian beberapa tips untuk membangun komunikasi yang efektif dengan istri Anda. Cobalah mulai sekarang, sebagai upaya untuk menyelamatkan hubungan penikahan Anda sejak dini, sebelum masalah membesar dan sulit untuk diperbaiki lagi.
Selamat menikmati kehidupan rumah tangga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah!
 
Sumber: zawaj.com

0 Response to "10 Cara Romantis Berkomunikasi dengan Pasangan "

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan komentar anda, jika ada kesalahan pada artikel yang saya posting, atau ada link mati, gambar hilang, dan jika ada saran untuk kemajuan blog ini, silahkan tulis komentar dibawah ini.... Komentar kalian sangat berarti bagi saya...

Format untuk komentar:
1. Pilih profil sebagai Name/URL
2. Isikan nama anda
3. Isikan URL (Blog/Website/Facebook/Twitter/Email/Kosongin)
4. Isikan komentar
5. Poskan komentar