Kiat dan Strategi Menulis Karya Ilmiah | Sebelum kita mulai memahami kiat dan strategi menulis karya ilmiah, kita harus memahami dulu secara singkat apa itu karya Ilmiah? dan Sisstematika penulisan karya Ilmiah Untuk bisa mengetahu itu semua. Berikut tulusan tentang kiat dan strategi Menulis Karya Ilmiah.
Baca juga : Materi Pendekatan pembelajaran Bahasa
I.
Pendahuluan
Kompetensi profesional seorang guru berhubungan dengan penyelesaian
tugas-tugas keguruan dan berhubungan langsung dengan kinerja yang ditampilkan. Salah satu tuntutan
profesional tersebut adalah kemampuan
guru dalam melaksanakan penelitian dan berpikir ilmiah untuk meningkatkan
kinerja. Kenyataannya, tuntutan kompetensi tersebut bukan suatu tugas
atau sesuatu hal yang mudah bagi para guru. Pada umumnya para guru, khususnya
para guru SD, belum memahami tentang penyusunan karya tulis ilmiah.
Perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju, seharusnya dapat memicu
semangat para guru untuk beraktivitas dalam menyemarakkan dunia pengetahuan.
Pada dasarnya guru mempunyai segudang ide untuk diungkapkan. Salah satunya
bersumber dari permasalahan yang ada di sekitarnya, khususnya dalam proses
pembelajaran di kelas, namun guru kurang memahami dan akhirnya belum dapat
menuangkannya ke dalam sebuah karya tulis ilmiah yang layak untuk dipublikasikan
dan dikonsumsi masyarakat.
Baca Juga : Tahap-tahap Pemerolehan Bahasa
II.
Karya Tulis Ilmiah
Karya tulis
ilmiah merupakan tulisan yang berisi gagasan kreatif yang disusun secara
komprehensif berdasarkan data akurat, dianalisis secara runtut, tajam dan
diakhiri dengan kesimpulan yang relevan. Oleh sebab itu, materi dan isi dari penulisan
karya tulis ilmiah diharapkan memenuhi aspek-aspek (1) relevan dengan situasi
dan kondisi yang ada, (2) mempunyai pokok permasalahan yang jelas, (3) masalah
dibatasi, sesempit mungkin (Firmansyah, 2007).
Adapun tujuan
penulisan karya tulis ilmiah adalah memberikan pemahaman terhadap guru agar
dapat berpikir secara logis dan ilmiah dalam menguraikan dan membahas suatu
permasalahan serta dapat menuangkannya secara sistematis dan terstruktur. Karya
tulis ilmiah tersebut dapat berupa karya tulis ilmiah hasil penelitian,
pengkajian, survei dan evaluasi, karya tulis/ makalah berupa tinjauan atau
ulasan ilmiah gagasan sendiri, tulisan ilmiah populer, prasaran berupa tinjauan
wawasan atau ulasan ilmiah yang disampaikan pada pertemuan ilmiah, buku
pelajaran atau modul, diktat pelajaran, menerjermahkan karya ilmiah, skripsi,
tesis, buku, paper, artikel, dan berbagai produk lain yang dapat
dipublikasikan.
Setiap produk
penulisan atau penelitian masyarakat akademik idealnya berorientasikan untuk
dipublikasikan agar dapat menggugah masyarakat akademik untuk selalu berkarya.
Masyarakat akademik inilah yang berkepentingan untuk pengembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi serta pemecahan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat
(Santosa, 2007: 1).
III.
Persyaratan Karya Tulis
Ilmiah
Karya tulis
ilmiah yang ditulis guru hendaknya memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
- asli (original),
(bukan karya jiplakan) dan menjauhi duplikasi, yaitu karya tulis yang
dihasilkan harus merupakan produk asli guru dan sesuai dengan bidang ilmu
yang dimiliki serta permasalahan yang dihadapi di lingkungannya,
- perlu/ bermanfaat (useful), yaitu karya tulis yang dihasilkan guru harus
dirasakan manfaatnya secara langsung oleh guru dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran,
- ilmiah (scientific),
yaitu karya tulis yang dihasilkan harus disusun secara ilmiah, sistimatis,
runtut, dan memenuhi persyaratan penulisan karya ilmiah,
- konsisten (concistency), yaitu yang dihasilkan harus memperlihatkan
keajegan dan konsistensi pemikiran yang utuh, baik secara keseluruhan
maupun hubungan antarbab bagian karya tulis yang disajikan.
Perlu juga
diperhatikan mengenai sifat dan isi tulisan dari sebuah karya tulis ilmiah
sebagai berikut:
- kreatif dan objektif, dimaksudkan agar
tulisan tetap memperhatikan gagasan yang kreatif untuk mensolusikan suatu
permasalahan yang berkembang di masyarakat,
- tulisan tidak bersifat emosional atau tidak
menonjolkan permasalahan subjektif,
- tulisan didukung oleh data dan atau informasi
terpercaya,
- materi karya tulis ilmiah disusun secara
logis, sistematis, serta merupakan isu mutakhir (current issue)
atau aktual (Tim. 2006).
Selain
persyaratan tersebut di atas, dalam penulisan karya tulis ilmiah juga dituntut
motivasi dan disiplin yang tinggi, kemampuan berbahasa, peka terhadap
perkembangan pengetahuan, serta mengikuti pedoman penulisan yang berlaku.
Jika seorang
guru dapat mengembangkan kemampuannya menulis karya ilmiah, maka manfaat yang
dapat diperoleh antara lain:
- melatih mengembangkan keterampilan membaca,
- melatih menulis dari berbagai sumber dan
mengembangkannya ke tingkat pemikiran yang lebih matang,
- memperluas cakrawala ilmu pengetahuan, dan
- memperoleh kepuasan intelektual,
- menambah kredit point bagi guru.
IV.
Sistematika Penulisan
Secara umum,
karya ilmiah disajikan dengan memperhatikan sistematika penulisan sebagai
berikut:
A. Bagian Awal
Bagian ini memuat hal-hal di bawah ini.
1. Halaman Judul
Pada halaman judul, beberapa
hal yang harus diperhatikan adalah:
ü
Judul diketik dengan huruf besar (kapital), hendaknya ekpresif, sesuai dan
tepat dengan masalah yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran
ganda.
ü
Nama penulis dan instansi ditulis dengan jelas.
2. Abstrak
Yakni berisi ringkasan tentang hasil
dan pembahasan secara garis besar dari penulisan karya tulis dengan maksimal 1
halaman, spasi 1.
B. Bagian Inti
Bagian inti memuat hal-hal sebagai berikut.
- Pendahuluan
Bagian pendahuluan berisi hal-hal
sebagai berikut:
ü Perumusan masalah yang
mencakup latar belakang tentang alasan mengangkat masalah tersebut menjadi
karya tulis dan penjelasan tentang makna penting serta menariknya masalah
tersebut untuk ditelaah. Latar belakang sebaiknya didukung oleh informasi dan
atau data yang terpercaya.
ü Uraian singkat mengenai
identifikasi masalah atau perumusan masalah.
ü Tujuan penulisan diuraikan
dengan jelas.
ü Manfaat penulisan bagi
pemerintah dan masyarakat.
- Tinjauan
Pustaka
Tinjauan pustaka berisi hal-hal
sebagai berikut:
ü
Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang releven
dengan masalah yang dikaji.
ü
Uraian mengenai pendapat berkaitan dengan masalah yang dikaji.
ü
Uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan.
- Metode
Penulisan
Penulisan dilakukan mengikuti metode
yang benar dengan menguraikan secara cermat cara/ prosedur pengumpulan data dan
atau informasi, pengolahan data dan atau informasi, serta analisa sintesis.
- Bagian Isi
(Pembahasan, Kesimpulan dan Saran)
ü Analisa permasalahan
didasarkan pada data dan atau informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan
alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif.
ü Kesimpulan harus konsisten
dengan analisis permasalahan.
ü Saran disampaikan berupa
kemungkinan atau prediksi transfer gagasan atau adopsi teknologi.
C. Bagian Akhir
Bagian akhir memuat hal-hal di bawah ini.
1. Daftar Pustaka
ü Daftar pustaka ditulis untuk
memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang
disebutkan
ü Penulisan daftar pustaka
untuk buku dimulai dengan menulis nama pengarang, tahun terbit, judul buku,
nama penerbit, dan tempat terbit.
ü Penulisan daftar pustaka
untuk jurnal dimulai dengan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal,
volume dan nomor halaman. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet
ditulis alamat web site-nya.
ü Penulisan yang diperoleh
dari media cetak ditulis nama sumbernya, tanggal, dan halaman.
2. Daftar Riwayat Hidup
Daftar riwayat hidup peserta
mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pengalaman organisasi, karya
ilmiah yang pernah dibuat, dan penghargaan ilmiah yang pernah diraih.
3. Lampiran (jika diperlukan)
Contoh penulisan
daftar pustakaSatu Pengarang
1. Budiono. 1982. Teori Pertumbuhan Ekonomi. Yogyakarta : Bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada.
2. Friedman. 1990. M. Capitalism and Freedom.
Dua Pengarang
1. Cohen, Moris R., and Ernest Nagel. 1939. An Introduction to Logic and Scientific Method.
2. Nasoetion, A. H., dan Barizi. 1990. Metode Statistika.
Tiga Pengarang
1. Heidjrahman R., Sukanto R., dan Irawan. 1980. Pengantar Ekonomi Perusahaan.
2. Nelson, R.., P. Schultz, and R. Slighton. 1971. Structural change in a Developing Economy. Princeton:
Lebih dari Tiga Pengarang
1. Barlow, R. et al. 1966. Economics Behavior of the Affluent.
2. Sukanto R. et al. 1982. Business Frocasting. Yogyakarta: Bagian penerbitan Fakultas Ekonomi UGM.
Pengarang Sama
1. Djarwanto Ps. 1982. Statistik Sosial Ekonomi. Yogyakarta: Bagian penerbitan Fakultas Ekonomi UGM.
2. ____________. 1982. Pengantar Akuntansi. Yogyakarta: Bagian penerbitan Fakultas Ekonomi UGM.
Tanpa Pengarang
1. Author’s Guide. 1975.
2. Interview Manual. 1969.
Buku Terjemahan, Saduran atau Suntingan.
1. Herman Wibowo (Penterjemah). 1993. Analisa Laporan Keuangan.
2. Karyadi dan Sri Suwarni (Penyadur). 1978. Marketing Management. Surakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret.
Buku Jurnal atau Buletin
1. Insukindro dan Aliman, 1999. “Pemilihan dan Bentuk Fungsi Empirik : Studi Kasus Permintaan Uang Kartal Riil di Indonesia”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 14, No. 4:49-61.
2. Granger, C.W.J., 1986. “Developments in the Study of Co-integrated Economic Variables”,
V.
Kiat dan Strategi Menulis
Karya Ilmiah
VI.
Gaya Bahasa dalam Menyusun
Karya Ilmiah
Firmansyah, Dhony. 2007. Pedoman
Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Disampaikan dalam Pelatihan “Sukses membuat Proposal
Penelitian yang Bermutu”. FMIPA Universitas Negeri Surabaya, 8 Desember 2007.
Santoso, Soegeng. 2007. Kiat dan Strategi Menulis Karya Ilmiah.
Universitas Negeri Jakarta. Makalah disampaikan pada pelatihan penulisan Karya
Tulis Ilmiah Bagi Dosen-dosen PPSD FIP UNY.
Tim. 2006. Pedoman Umum Olimpiade
Karya Tulis Ilmiah Nasional. PKM Fakultas Pertanian Universitas
Brawijaya.
Demikian Materi Kiat -kiat dan Strategi Menulis Karya Ilmiah. Semoga bermanfaat.
0 Response to "Kiat dan Strategi Menulis Karya Ilmiah"
Posting Komentar
Silahkan Tinggalkan komentar anda, jika ada kesalahan pada artikel yang saya posting, atau ada link mati, gambar hilang, dan jika ada saran untuk kemajuan blog ini, silahkan tulis komentar dibawah ini.... Komentar kalian sangat berarti bagi saya...
Format untuk komentar:
1. Pilih profil sebagai Name/URL
2. Isikan nama anda
3. Isikan URL (Blog/Website/Facebook/Twitter/Email/Kosongin)
4. Isikan komentar
5. Poskan komentar