Psikologi dan Unsur-unsur Pembelajaran

Psikologi dan Unsur-unsur PembelajaranDengan pesatnya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, maka perubahan-perubahan pesat terjadi pula dalam bidang pendidikan. Sebelumnya juga saya share materi pengertian belajar dan pembelajaran. Kali ini tentang Psikologi dan unsur -unsur pemeblajaran. Berikut ulasan materi Psikologi dan Unsur-unsur Pembelajaran

materi Psikologi dan Unsur-unsur Pembelajaran



A. Psikologi Pembelajaran


Dengan pesatnya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, maka perubahan-perubahan pesat terjadi pula dalam bidang pendidikan. Dalam psikologi, kepatuhan yang datang dari luar merupakan isyarat adanya konflik antara ototitarianisme dan demokrasi. Dalam pendidikan, kepatuhan memang perlu, tetapi kepatuhan itu sendiri hendaknya tidak sepihak. Kepatuhan sebaiknya terjadi secara timbal-balik di antara semua pihak yang terlibat di dalam pendidikan, baik itu anak didik, pendidik, kurikulum, maupun fasilitas pendidikan. Di sinilah letak pentingnya psikologi dalam pendidikan khususnya dalam pembelajaran. Dalam hal ini penerapan psikologi terutama psikologi belajar memerlukan pemikiran yang mendalam, agar pelayanan atau perlakuan pendidik terhadap anak didik sesuai dengan sifat dan hakikat anak didik. Inti persoalan psikologis dalam proses pendidikan atau pembelajaran adalah terletak pada anak didik, sebab pendidikan pada hakikatnya adalah pelayanan bagi anak didik. Agar pelayanan itu mengubah tingkah laku anak didik ke arah perkembangan pribadi yang optimal, maka pelayanan itu hendaknya sesuai dengan sifat dan hakikat anak didik.

Baca Juga : Desain Pembelajaran Terbaru
B. Unsur-unsur Pembelajaran

Unsur dalam sistem pembelajaran adalah seorang siswa atau peserta didik dengan suatu prosedur kerja untuk mencapai tujuan. Menurut Oemar Hamalik dalam bukunya Kurikulum dan Pembelajaran, mengemukakan unsur – unsur pembelajaran sebagai berikut :
1. Unsur dinamis pembelajaran pada diri guru
a. Motivasi pembelajaran siswa
b. Kondisi guru siap membelajarkan siswa
2. Unsur pembelajaran sesuai dengan unsur belajar
a. Motivasi belajar menuntut sikap tanggap dari pihak guru serta kemampuan untuk mendorong motivasi dengan berbagai upaya pembelajaran.
b. Sumber yang digunakan sebagai bahan belajar terdapat pada buku pelajaran, pribadi guru, dan sumber masyarakat.
c. Pengadaan alat-alat bantu belajar dilakukan oleh guru, siswa sendiri, dan bantuan orangtua.
d. Menjamin dan membina suasana belajar yang efektif.
e. Subjek belajar yang berada dalam kondisi kurang mantap perlu diberikan binaan. (Oemar Hamalik, 1995:68).

C. Faktor-faktor yang Mempengaruhi PBM
Sebagaimana telah dijelaskan bahwa belajar adalah suatu proses yang menimbulkan terjadinya suatu perubahan atau pembaharuan dalam tingkah laku dan atau kecakapan. Berhasil atau tidaknya belajar itu tergantung kepada bermacam-macam faktor. Adapun faktor-faktor itu, dapat dibedakan menjadi dua golongan[7] , yaitu:

1. Faktor individual yaitu yang berasal dari dalam diri individu atau organisme itu sendiri, di antaranya:
a. Kematangan / Pertumbuhan
b. Kecerdasan
c. Latihan dan ulangan
d. Motivasi
e. Sifat-sifat pribadi seseorang
2. Faktor sosial yaitu faktor dari luar individu tersebut, di antaranya:
a. Faktor keluarga
b. Guru dan cara mengajarnya
c. Alat-alat pelajaran
d. Motivasi sosial
e. Lingkungan dan kesempatan

Demikian Psikologi dan Unsur-unsur Pembelajaran. Semoga bermanfaat. Wassalam..!!

2 Responses to "Psikologi dan Unsur-unsur Pembelajaran"

  1. terus psting info2 yg bermanfaatnya gan
    senang bisa berkunjung ke blog anda
    terimakasih banyak

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan komentar anda, jika ada kesalahan pada artikel yang saya posting, atau ada link mati, gambar hilang, dan jika ada saran untuk kemajuan blog ini, silahkan tulis komentar dibawah ini.... Komentar kalian sangat berarti bagi saya...

Format untuk komentar:
1. Pilih profil sebagai Name/URL
2. Isikan nama anda
3. Isikan URL (Blog/Website/Facebook/Twitter/Email/Kosongin)
4. Isikan komentar
5. Poskan komentar