Pendekatan pembelajaran bahasa | Materi sebelumnya saya share tentang tahap-tahap pemerolehan bahasa. dan pemerolehan bahasa secara umum. Nah, Kali ini tentang Pendekatan Pembelajaran bahasa. bagaimana Pendekatan yang dimbil dalam pemebalajaran Bahasa. Berikut ulasan materi Pendekatan pembelajaran Bahasa.
Pendekatan
Seperangkat asumsi yang saling berkaitan, dan berhubungan dengan sifat
bahasa, serta pengajaran bahasa. Pendekatan merupakan dasar teoritis
untuk suatu metode.
Baca Juga : Pemerolehan Bahasa
Asumsi tentang bahasa bermacam-macam,
antara lain asumsi yang menganggap bahwa bahasa sebagai suatu sistem
komunikasi yang pada dasarnya dilisankan; dan adalagi yang menganggap
bahwa bahasa adalah seperangkat kaidah.
Dari asumsi-asumsi tersebut menimbulkan adanya pendekatan-pendekatan yang berbeda, yakni:
1)Pendekatan
yang mendasari pendapat bahwa belajar berbahasa berarti berusaha
membiasakan diri menggunakan bahasa untuk berkomunikasi. Tekanannya pada
pembiasaan.
2)Pendekatan yang mendasari pendapat bahwa belajar
berbahasa berartiberusaha untuk memperoleh kemampuan berkomunikasi
secara lisan. Tekanannya pada pemerolehan kemampuan berbicara.
3)Pendekatan
yang mendasari pendapat bahwa belajar berbahasa yang harus diutamakan
ialah pemahaman akan kaidah-kaidah yang mendasari ujaran. Tekanannya
pada aspek kognitif bahasa, bukan pada kemampuan menggunakan bahasa.
baca Juga :
Principles, Theories and Practice of Second Language Acquisition
METODE
Metode
Pembelajaran bahasa adalah rencana pembelajaran bahasa, yang mencakup
pemilihan, penentuan, dan penyusunan secara sistematis bahan yang akan
diajarkan, serta kemungkinan diadakan remidi dan bagaimana
pengembangannya.
Dari uraian di atas jelaslah bahwa suatu metode
ditentukan berdasarkan pendekatan yang dianut; dengan kata lain
pendekatan merupakan dasar penentu metode yang digunakan.
Secara garis besar metode mencakup:
1. pemilihan dan penentuan bahan ajar
2. penyusunan serta kemungkinan pengadaan remidi dan pengembangan bahan ajar tersebut, dengan mempertimbangkan:
a. tingkat usia
b. tingkat kemampuan
c. kebutuhan
d. latar belakang lingkungan siswa
e. disusun berdasarkan tingkat kesukaran
Disamping itu guru juga harus merencanakan pula pengevaluasian, remidial, dan pengembangan bahan ajar.
Teknik
Teknik pembelajaran merupakan cara guru menyampaikan bahan ajar yang
telah disusun (dalam metode), berdasarkan pendekatan yang dianut.
Teknik yang digunakan guru bergantung pada kemampuan masing-masing
guru, karena teknik juga berkaitan dengan siasat atau mencari akal agar
proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan berhasil dengan baik.
Pertimbangan dalam menentukan teknik pembelajaran antara lain: situasi kelas, lingkungan, kondisi siswa, dsb.
Pendekatan Tujuan
Pendekatan tujuan dilandasi oleh pemikiran bahwa dalam setiap
kegiatan pembelajaran yang harus dipikirkan dan ditetapkan lebih dahulu
ialah tujuan yang hendak dicapai. Jadi proses pembelajaran ditentukan
oleh tujuan yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan itu sendiri.
Dengan berdasarkan tujuan, maka yang terpenting ialah tercapainya
tujuan, yakni siswa memiliki kemampuan tertentu sebagaimana tujuan yang
telah ditetapkan.
Contoh:
Untuk pokok bahasan menulis,
tujuan pembelajaran yang ditetapkan ialah “Siswa mampu membuat
karangan/cerita berdasarkan pengalaman atau informasi dari bacaan”, maka
yang penting adalah siswa memiliki kemampuan mengarang. Adapun
bagaimana metode dan teknik pembelajarannya bukanlah masalah yang
diutamakan.
Penerapan pendekatan tujuan sering dikaitkan
dengan cara belajar tuntas yang berarti suatu kegiatan belajar mengajar
dianggap berhasil apabila sedikitnya 85% dari jumlah siswa yang
mengikuti pelajaran itu menguasai minimal 75% dari bahan ajar yang
diberikan guru dengan melalui evaluasi.
PENDEKATAN STRUKTURAL
Pendekatan
ini dilandasi oleh asumsi yang menganggap bahwa bahasa sebagai
seperangkat kaidah. Atas dasar itu maka timbul pemikiran bahwa
pembelajaran bahasa harus mengutamakan penguasaan kaidah-kaidah bahasa
atau tata bahasa. Pembelajarannya pun harus menitikberatkan pada
aspek-aspek fonologi, morfologi, dan sintaksis. Pengetahuan tentang
pola-pola kalimat, pola kata, suku kata, menjadi sangat penting. Dengan
kata lain pada pendekatan ini aspek kognitif bahasa diutamakan.
PENDEKATAN KOMUNIKATIF
Pendekatan
komunikatif merupakan pendekatan yang dilandasi oleh pemikiran bahwa
kemampuan menggunakan bahasa dalam komunikasi merupakan tujuan yang
harus dicapai dalam pembelajaran bahasa.
Bahasa tidak hanya
dipandang sebagai seperangkat kaidah tetapi lebih luas lagi, yakni
sebagai sarana untuk berkomunikasi. Jadi di sini bahasa ditempatkan
sebagaimana fungsinya yaitu fungsi komunikatif.
Menurut Littlewood (1981) pendekatan komunikatif didasari pemikiran:
1.
Pendekatan komunikatif membuka pandangan yang lebih luas tentang
bahasa, yang tidak terbatas pada tata bahasa dan kosakata saja, tetapi
juga pada fungsi komunikatif bahasa.
2. Pendekatan komunikatif membuka diri bagi pandangan yang luas dalam pembelajaran bahasa.
Catatan:
Uraian-uraian
di atas mungkin merupakan teori-teori yang sangat mendasar, oleh sebab
itu agar dicapai pembelajaran berbahasa yang sesuai perlu mengacu pada
model dan strategi terkini, yaitu pembelajaran inovatif.
Sobat, itu saja tentang pendekatan pembelajaran bahasa yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat. Wssalam..!!
0 Response to "MATERI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BAHASA"
Posting Komentar
Silahkan Tinggalkan komentar anda, jika ada kesalahan pada artikel yang saya posting, atau ada link mati, gambar hilang, dan jika ada saran untuk kemajuan blog ini, silahkan tulis komentar dibawah ini.... Komentar kalian sangat berarti bagi saya...
Format untuk komentar:
1. Pilih profil sebagai Name/URL
2. Isikan nama anda
3. Isikan URL (Blog/Website/Facebook/Twitter/Email/Kosongin)
4. Isikan komentar
5. Poskan komentar