Materi Teknik Persidangan | Macam -macam Persidangan

http://gorontalo-education.blogspot.com/2013/05/materi-teknik-persidangan-macam-macam.html
Materi Teknik Persidangan | Catatan Mahasiswa Aktivis Kampus -- Salam Pergerakan buat teman-temanku Mahasiswa. Materi ini saya sajikan dikarenakan materi ini adalah materi sakral dikalangan para aktivis kampus. Sebagai Mahasiswa yang tergabung di organisasi kemahasiswaaan,  suka mau pun tidak harus mempelajari teknik persidangan. Nah sebelum kita praktek bagaimana cara pelaksanaan persidangan kita harus pahami teori singkat dari teknik persidangan agar pada pelaksanaannya tidak mengami kesalahan.

  • Sidang Komisi 
  • Sidang Pleno 
  • Sidang Paripurna
  • Sidang Istimewa
A. Sidang Komisi  adalah sidang yang dibagi per komisi untuk membahas hal -hal yang lebih spesifik. Misalnya Komisi A membahas  Ad Art organisasi, Komisi B Membahas Program Kerja, komisi C membahas garis -garis besar haluan Organisasi. Nah, keputusan yang dihasilkan dari sidang Komisi Inilah yang kemudian dibawa ke sidang Pleno.

B. Sidang Pleno adalah sidang besar yang diahadiri oleh semua peserta baik peninjau atau pun peserta penuh dalam persidangan.  Sidang komisi adalah bagian dari sidang Pleno. Sidang Pleno itu terdiri dari beberapa pleno tergantung kebutuhan sidang. Misalnya ada sidang pleno 1, sidang pleno 2 dan seterusnya. Disesuaikan dengan pembagian sub pembahasan dalam sidang.

C. Sidang Paripurna adalah sidang yang dihadiri oleh semua komponen sidang. Semua anggota sidang harus hadir dalam sidang ini. Sidang ini dianggap sidang yang sangat bergensi di beberap sidang yang ada.

D. Sidang Istimewa adalah sidang yang dilaksanakan untuk membahas sesuatu yang bersifat krusial atau persoalan mendesak dalam sebuah organisasi

Itulah catatan saya terkait teknik Persidangan Sub Materi Macam-macam Persidangan. Artkel lainnya tentang teknik persidangan Sub Materi persipan dan Perangkat Sidang saya akan tulisakan selanjutnya. Semoga bermanfaat Yaa..!!

1 Response to "Materi Teknik Persidangan | Macam -macam Persidangan"

  1. terima kasih materinya sangat bermanfaat
    http://blog.binadarma.ac.id/babeyudi

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan komentar anda, jika ada kesalahan pada artikel yang saya posting, atau ada link mati, gambar hilang, dan jika ada saran untuk kemajuan blog ini, silahkan tulis komentar dibawah ini.... Komentar kalian sangat berarti bagi saya...

Format untuk komentar:
1. Pilih profil sebagai Name/URL
2. Isikan nama anda
3. Isikan URL (Blog/Website/Facebook/Twitter/Email/Kosongin)
4. Isikan komentar
5. Poskan komentar